Ada 2 Sistem Dalam Pelaksanaan Seleksi CPNS 2013

August 29, 2013 by - Filed under: Info CPNS 
Yahoo MessengerShare

Sistem  Pelaksanaan Seleksi CPNS 2013

Dalam pelaksanaan ujian CPNS tahun 2013, pemerintah harus benar-benar menggelarnya dengan cara transparan serta akuntabilitas, karena ke-2 hal tersebut merupakan kata kunci yang wajib diwujidkan oleh pemerintah dalam pelaksanaan tersebut. Hal tersebut diungkapkan oleh Dr, Ir. Bima Haria Wibisana, MSIS Wakil Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Untuk pelaksanaan seleksi ujian TKD yang akan dilaksanakan pada tahun 2013 ini pemerintah akan menerapkan dua sistem sekaligus. Yaitu sistem yang pertama pelaksanaan seleksi ujian TKD dengan menerapkan sistem CAT yang diperuntrukan bagi sejumlah instansi pemerintah dimana instansi tersebut telah siap untuk menggelar seleksi dengan menerapkan sistem CAT. Pada penerapan sistem CAT tersebut pihgak BKN akan memberikan fasilitas untuk pemenfaatan CAT sebagai satu metode yang telah terbuktri Kehandalannya.

Yang ke-2 dalam pelaksanaan ujian TKD dengaan menerapkan sistem LJK, sistem tersebut diterapkan bagi instansi tertentu yang sampai saat ini masih tidak siap untuk melakukan tes ujian dengan metode CAT. Oleh karena itu untuk sejumlah instansi yang tidak siap menerapkan CAT, maka bisa menerapkan sistem LJK dalam pelaksanaan tersebut.

Dan untuk pelaksanaan seleksi TKB serta seleksi wawancara akan digelar pada masing-masing instansi yang disesuaikan dengan banyaknya jumlah CPNS yang tengah dibutuhkan.

Beliau kembali menjelaskan, “pada penerapan sistem tersebut, ada 12 kantor regional BKN yang akan terus berupaya serta mengoptimalisasikan sistem CAT yang dipergunakan bukan hanya untuk proses penerimaan CPNS baru, akan tetapi juga akan digunakan untuk keperluan bidang pegawai yang lainnya, yang dimisalkan dengan seleksi sekolah kedinasan.”

Bima kembali menandas, “Keseluruhan kantor regional yang berada di Indonesia yang memiliki wewenang serta memiliki peranan penting dalam kesuksesan proses seleksi ujian CPNS yang dilaksanakan dengan menerapkan sistem CAT.”

Untuk info bahwa saat ini presiden Indonesia telah menetapkan bahwa tahun 2013 ini proses seleksi CPNS baru akan sama seperti proses penerimaan CPNS pada tahun 2012 yang lalu.

Setiawan angkat bicara, “dikarenakan pada tahun ini terdapat dua metode perekrutan CPNS yang akan digelar dengan menerapkan sistem CAT juga LJK, maka pihak kami menghimbau kepada seluruh masyarakat khususnya bagi yang ingin mendaftara sebagai CPNS agar lebih waspada lagi. Jangan sampai terbujuk rayu oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab, dikarenakan pada kesempatan ini terdapat banyak calo CPNS yang berkedokan perekrutan CPNS baru.”

Beliau kembali menambahkan bahwa sejumlah tim panselnas telah berupaya dengan baik supaia dalam pelaksanmaan perekerutan CPNS baru ini dapat terlaksana dengan fair, terbebasnya dari KKN, serta pemerintah bisa mendapatkan CPNS yang berkualitas.

Read previous post:
Jadwal Pelaksanaan Seleksi CPNS 2013 Lengkap
Lowongan Kerja Terbaru BUMN Pindad
Close