Info Honorer 2013 :Sistem Honorium PNS Dihapus Tahun 2014

September 13, 2013 by - Filed under: Info CPNS 
Yahoo MessengerShare

Info Honorer 2013

Untuk tahun 2014 yang akan datang, pemerintah memiliki rencana untuk menghapus sistem tenaga honorer bagi PNS bagi seluruh kementrian serta lembaga juga akan memusatkan seluruh pembayaran bagi tenaga honorer kepada tunjangan kinerja setiap orangnya.Penghapusan sistem tersebut rencananya akan mulai berlaku pada tanggal 1 Januari 2014. Eko Prasojo, Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (WamenPAN-RB) menjelaskan bahwa untuk seluruh kementrian juga lembaga akan dilarang untuk memberlakukan honorium dimulai pada tanggal 1 Januari tahun 2014 nanti.

Dan untuk tahun 2011 sampai tahun 2013 memang masih ada sejumlah kementrian juga lembaga yang masih memberlakukan sistem tersebut, padahal seharusnya ssistem tersebut sudah tidak ada. Akan tetapi untuk tahun 2014 nanti sistem tersebut akan resmi dilarang oleh pemerintah.

Eko menjelaskan, “dengan diterapkannya sistem tersebut, gaji keseluruhan PNS baik bagi golongan I maupun bagi golongan IV akan dinaikan, untuk upah bagi pejabat eselon I bisa mencapai anggka Rp 70 juta/bulannya, sedangkan untuk pejabat eselon II upah yang diberikan bisa mencapai angka Rp 55-60 juta/bulannya, dan untuk pejabat eselon III upah yang diberikan akan mencapai angka Rp 45 juta /bulannya.”

Eko melanjutkan, dengan berlakunya sistem tersebut telah sejalan dengan revisi PP yang isinya terkait dengan sistem penggajian, serta telah disesuaikan dengan amanat PP nomor 46 tahun 2011, yang dimana isi dari PP tersebut menyebutkan bahwa untuk penghapusan tenaga honorer harus telah dilaksanakan per 1 Jnuari 2014.

“tahun 2013 ini merupakan tahun transisi, akan tetapi untuk per 1 Januari 2014 nanti pembayaran tenaga honorer atau pendapatan lainnya telah dihapuskan. Hal tersebut juga telah disesuaikan dengan permintaan dari Presiden SBY,” tutur Eko.

Beliau kembali menambahkan, untuk peningkatan pendapatan PNS tersebut akan menimbulkan bengkaknya anggaran. Oleh karena itu pemerintah untuk tahun ini telah menetapkan aturan di mana sumber dana tunjangan kinerja yang dihasilkan dari instansi tertentu.

Eko menerangkan, “dana itu sendiri bersumber dari hasil efesiensi anggaran serta dari hasil optimalisasi. Dengan demikian, besarnya tunjangan kinerja tersebut yang nantinya akan diberikan kepada aparatur, dan hal tersebut tergantung dari besar atau kecilnya dana tersebut.”

Setiap masing-masing jabatan diharuskan memiliki grading yang nantinya digunakan untuk menentukan besarnya kompensasi yang diterima, hal tersebut diungkapkan oleh Eko. “Intinya pada setiap instansi diharuskan untuk melakukan efisiensi untuk membayar setiap tunjangan kinerja aparaturnya,” pungkas Eko.

Read previous post:
Pendaftaran CPNS 2013 Pemkot Tangerang Selatan
Pendaftaran CPNS 2013 Kota Serang Banten
Close